About Me
Iwanrj.com - Informasi Online dalam satu blog yang kami rangkum untuk anda pengunjung setia kami. Untuk seputar halaman bantuan silahkan klik Halaman Bantuan. Diharapkan untuk saling mematuhi Syarat dan Ketentuan Berlaku.
Navigation

Astronomy Temukan Eksoplanet Jupiter Baru Bernama WASP-167b (KELT-13b)

WASP-167b (KELT-13b), Penemuan Eksoplanet baru bernama WASP-167b (KELT-13b), WASP-167b, Planet Jupiter Panas, Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, Royal Astronomical Society

WASP-167b (KELT-13b), Penemuan Eksoplanet baru bernama WASP-167b (KELT-13b), WASP-167b, Planet Jupiter Panas, Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, Royal Astronomical Society

Dilansir dari situs Monthly Notices of the Royal Astronomical Society bahwa Eksoplanet Jupiter Baru Bernama WASP-167b (KELT-13b) dengan sebutan lain dari Jupiter panas yang mengorbit bintang dan berputar cepat dengan jarak 1.243 tahun cahaya dari Bumi.
Astronot Temukan Eksoplanet Jupiter Baru Bernama WASP-167b (KELT-13b)
Gambar: Perbandingan Ukuran Antara WASP-167b (KELT-13b) Dengan Jupiter
Perbandingan ukuran Antara Jupiter dan WASP-167b (KELT-13b) diambil dari situs Universitas Keele. Ukuran ini sangatlah besar dimana ukuran Jupiter yang kita kenal saat ini dapat menelan banyak planet seukuran Bumi. Bayangkan saja bila ukuran badai Jupiter saja dapat menelan seukuran bumi dan bila dibandingkan dengan WASP-167b (KELT-13b) maka ukuran planet sebesar itu sangatlah fantastis.

Ukuran WASP-167b (KELT-13b) adalah 1,6 kali lebih besar dari Jupiter dan kurang dari 8 kali lebih masif dari Jupiter.  Planet ini mengorbit bintang induknya, WASP-167, setiap 2.02 hari dan lebih dekat dengan bintang daripada planet kita ke Matahari.

WASP-167b awalnya ditemukan oleh kolaborasi survei dari WASP / KELT. WASP dan survei exoplanet KELT mengamati WASP-167 dari tahun 2006 hingga 2013. Sebuah pengamatan lanjutan akhirnya dilakukan pada tahun 2016 di Observatorium Selatan Eropa dan mereka mengkonfirmasikan  bahwa mereka telah menemukan adanya planet ekstrasurya. Gambar diatas adalah Bentuk dan warna dari WASP-167b (KELT-13b).
Share
Iwan RJ

Iwan RJ - Sebagai Pendiri dan Penulis di iwanrj.com. Mencintai segala bentuk aktivitas yang berbeda dari yang lain dan tetap berkarya demi pengetahuan bersama. Saya hanyalah seorang aktivis bagi rakyat biasa dan tidak terbuka untuk identitas pribadi. Mencintai perbedaan dan membenci desriminasi. Suka pada hal - hal aneh dan mengidolakan penemuan baru.

Post A Comment:

0 comments:

Harap Dibaca Syarat dan Ketentuan Sebelum Berkomentar.