https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

4 Peluang Kerja Sambil Kuliah

Quarter life crisis. Begitulah para remaja menamai diri mereka saat tidak punya uang namun kebutuhan dan keinginannya banyak. Sebagai mahasiswa memang wajar-wajar saja memiliki kebutuhan dan keinginan yang banyak, bahkan terkadang mereka kurang bisa membedakan mana kebutuhan mana keinginan.
Kebutuhan untuk bergaya. Kalimat tersebut tentu kurang benar, karena bergaya adalah keinginan. Kebutuhan mencakup segala sesuatu yang tak bisa dihindari, seperti membayar uang kuliah, makan, sewa kost, dan lainnya. Sedangkan keinginan hanyalah sesuatu yang tidak memberikan dampak buruk apabila tidak dipenuhi. Namun demikian, tetap saja para mahasiswa ini membutuhkan uang.
Diatas jam kuliah dan keterbatasan grade ijasah, mahasiswa tetap bisa mendapatkan uang asalkan ada niat. Berikut adalah beberapa pekerjaan atau peluang yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan uang.
1.       Menjadi tentor les
Dunia pendidikan tak pernah sepi lalu lintas. Hampir semua siswa membutuhkan les tambahan, dan inilah yang menjadi peluang bagi para mahasiswa.
Pelajaran-pelajaran tertentu membutuhkan tentor dengan latar belakang yang sesuai bidangnya. Contohnya, siswa yang butuh les fisika akan membutuhkan mahasiswa jurusan fisika, les matematika untuk SMA membutuhkan tentor jurusan matematika, dan sterusnya.
Beruntunglah bagi kamu yang kuliah di bidang sains dan soshum, namun bagi kamu yang kuliah di jurusan selain itu tak perlu khawatir. Jika kamu mau belajar, kamu tetap bisa menjadi tentor les, yaitu tentor untuk siswa SD. Biasanya bimbingan belajar akan menerimamu sebagai tentor SD kalau kamu kuliah di jurusan yang non kependidikan.
2.       Menjadi penulis konten
Pekerjaan penulis konten atau content writer biasanya tidak membutuhkan latar pendidikan, tetapi ada juga perusahaan yang mengharuskan penulis kontennya lulusan S1 dan D3.
Tak perlu khawatir, lebih banyak lowongan penulis konten dengan pendidikan minimal SMA daripada pendidikan minimal S1 atau D3. Terlebih lagi, biasanya pekerjaan penulis konten dilakukan secara remote atau dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Jadi, kamu bisa mengerjakannya di kost serta pada waktu yang luang.
3.       SPG
Sales Promotion Girl atau SPG adalah pekerjaan yang banyak dikira orang sebagai pekerjaan mudah. Memang benar, tetapi kurang tepat. Kelihatannya mereka hanya berdandan cantik dan menawarkan produk, tetapi pekerjaan SPG tak semudah itu. Mereka harus menjual produk dengan target yang ditentukan.
Sebagai mahasiswa, kamu bisa juga mencoba menjadi SPG atau SPB. Biasanya pekerjaan SPG ini hanya mengharuskan kamu kerja ketika ada acara saja, bahkan biasanya acara-acara tersebut diadakan saat weekend, sehingga kamu tentu bisa melakukannya.
4.       Admin sosmed
Pekerjaan terakhir yang bisa dilakukan mahasiswa tanpa mengganggu waktu kuliah adalah admin sosmed. Untuk saat ini cukup banyak lowongan admin sosmed yang ditawarkan. Dengan waktu yang ada kamu bisa juga menjadi seorang admin sosmed.
Pekerjaannya adalah melayani konsumen melalui sosmed, menjawab pertanyaan mereka dan membuat konten menarik tentang produk yang dijual.

Leave A Reply

Your email address will not be published.