https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Awas! Ini Gaya Hidup yang Bikin Kamu Tambah Miskin

Seringkali para remaja, terutama mahasiswa dirundung masalah ekonomi yang mereka sebut dengan quarter life crisis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bukankah kebanyakkan dari mereka masih diberi uang dari orangtuanya?
Benar sekali, kebanyakkan dari mereka masih diberi uang jajan oleh orangtuanya. Namun, tidak semua yang bisa menjaganya dengan baik-baik. Beberapa remaja memilih jalan untul selalu bergaya dan mendapatkan gaya hidup menyenangkan dengan berboros ria. Apakah kamu salah satunya?
Daripada nantinya kamu mengeluhkan persoalan uang, lebih baik perbaikilah saja dulu gaya hidupmu selama ini. Apakah sudah tepat? Berikut penjelasannya.
Hal utama yang membuatmu boros bahkan semakin miskin adalah membeli barang dengan cara hutang. Entah itu meminjam dari teman atau menggunakan kartu kredit, dua-duanya membuahkan dampak negatif di masa depan.
Mungkin kamu bisa menunda-nunda membayar hutang pada teman, tetapi kalau yang kamu gunakan adalah kartu kredit, tundaan tersebut membuahkan bunga yang jumlahnya semakin banyak.
Oleh karena itu, daripada harus hidup dengan terlilit hutang, belilah barang hanya jika ada uang saja. Kalau belum ada uang, lebih baik tahan dulu sampai kamu benar-benar memiliki uang sendiri. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan apakah barang tersebut berguna atau tidak.
Beban ongkos kirim juga terbukti bisa membuatmu semakin miskin. Memang benar dengan belanja online berbagai keuntungan bisa didapatkan, seperti tak perlu keluar rumah, diskon, pokoknya serba praktis.
Namun pikirkanlah biaya ongkos kirim yang harus kamu tangung. Ongkos kirim tersebut bisa mencapai 10 ribu hingga 25 ribu rupiah, yangmana bisa kamu alokasikan uang tersebut ke hal lain yang lebih penting. daripada harus terbebankan onkos kirim, mulailah membeli barang secara langsung saja. Toh, kamu bisa melihat bagaimana kualitas dan memilih barang tersebut secara langsung.
Hal lain yang terbukti membuatmu semakin miskin adalah menyewa benda-benda yang kurang penting. Ingin berfoto-foto menggunakan DSLR kemudian menyewanya dengan harga yang cukup mahal justru akan mendatangkan kemiskinan.
Pikirkan dulu apakah kamu benar-benar membutuhkan tersebut sebelum menyewanya. Daripada membayar uang sewaan yangmana membuatmu tidak memilikinya, kalau kamu benar-benar butuh benda tersebut tabunglah uangmu untuk membelinya saja.

🔥2
hosting murah meriah 2019 iwanrj.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.