https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Baru Memulai Bisnis? Simak Hal yang Harus Kamu Lakukan Berikut

Semua orang bisa dan boleh berbisnis, tidak memandang usia tidak pula memandan profesi. Dan bisnis apapun serta siapapun pelakunya bisa sukses. Yang membedakan adalah bisa tidaknya pebisnis mengamati pasaran, mengerti apa yang harus dilakukan, dan skill bisnis yang mumpuni.
Bagi kamu yang baru saja memulia bisnis tapi tak memiiki cukup banyak skill bisnis, tak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa hal pokok yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis. Sukses tidaknya bisnis tergantung pada kamu sendiri.
1.       Carilah relasi dan rekan yang satu visi
Jika kamu merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan, bingung cara marketing, cara mengenalkan produk atau jasa pada masyarakat maka carilah rekan yang satu visi denganmu.
Tak serta merta mengajaknya untuk saling berbisnis, kamu juga bisa membuka lowongan untuk memasarkan produk, membuatkan konten yang bagus untuk bisnismu, hingga lowongan untuk menjalankan dan mengatus bisnismu.
2.       Membuat kolaborasi
Ini cukup penting dilakukan untuk bisnis yang masih baru. Agar produk atau jasa mu dikenal oleh masyarakat, tentu kamu harus memperkenalkannya bukan? Salah satunya adalah dengan cara berkolaborasi dengan bisnis lain.
Jangan bekolaborasi dengan bisnis yang menjual jenis produk sama denganmu, tetapi berkolaborasilah dengan bisnis yang sekiranya cocok dan menguntungkan. Misalnya saja, kamu mempunyai bisnis agen travel, kemudian kamu bisa berkolaborasi dengan bisnis sewa bus.
Atau mungkin kamu mempunyai bisnis make up, kamu bisa berkolaborasi dengan beauty guru atau beauty blogger yang siap mereview produk make upmu. Dengan demikian, make up yang tadinya hanya dikenal sedikit orang, bisa menjadi terkenal di kalangan masyarakat.
3.       Mengoptimalkan media sosial
Seorang pebisnis ternama pernah mengatakan bahwa jangan menyuruh orang untuk menjualkan produk atau jasamu, karena kamu tidak sepenuhnya tahu bagaimana kinerja orang tersebut dan selain itu kamu bisa lebih menghemat uangmu.
Gunakanlah media sosial atau marketplace untuk menjual dan memasarkan produkmu. Mudah digunakan, gratis, dan hanya perlu membuang kuota internet saja. Disana kamu bebas menawarkan produkmu kepada siapa saja.
4.       Mempelajari hal yang happening
Tak bisa dipungkiri, kebanyakkan bisnis hanya bisa sukses dengan cara mengikuti apa yang sedang tren atau apa yang sedang happening di masyarakat. Contohnya, tren yang sedang booming saat ini adalah film Games of Thrones. Tak mau melewatkannya, brand make up Urban Decay berkolaborasi dengan film tersebut, dengan nuansa Makeup Game of Thrones Collcetion.
Contoh diatas cukup untuk menginspirasimu bukan? Rajin-rajinlah mengamati tren di masyarakat, dan manfaatkan pula tren tersebut untuk bisnis yang sedang kamu lakukan. Selain akan lebih dikenal masyarakat, pasti produk atau jasamu akan banyak dicari orang.

hosting murah meriah 2019 iwanrj.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.