https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Cara Fokus dan Memaksimalkan Konsentrasi Saat Belajar

Cukup banyak siswa yang mengeluhkan ketidak adanya konsentrasi saat belajar. Sudah berusaha untuk fokus tapi tetap saja tidak bisa. Apakah kamu mengeluhkan hal yang sama?
Sebenarnya fokus tidaknya belajar hanya tergantung pada dirimu sendiri serta niat yang kamu kumpulkan. Tetapi berikut ini akan kami berikan beberapa tips atau cara agar kegiatan belajarmu lebih fokus dan bisa berkonsentrasi.
1.       Siapkan makanan dan minuman
Kebanyakkan siswa lebih senang belajar dan bakal menjadi lebih niat kalau ada makanan dan minuman, apalagi favoritnya. Kalau kamu tipe anak yang baru bisa belajar saat ada makanan, cobalah sesekali menaruh beberapa makanan camilan favorit untuk menemanimu belajar.
2.       Belajar sambil mendengarkan musik
Telah dilakukan penelitian bahwa musik dapat memberikan efek dan fokus ketika belajar. Sesekali cobalah untuk belajar sambil mendengarkan musik. Tak harus yang slow, putarlah lagu kesukaanmu dan terasa nyaman saat didengarkan.
3.       Belajar di pagi hari
Inilah cara yang dilakukan hampir semua orang. Tak hanya siswa, melainkan mahasiswa, karyawan, orang dewasa pun juga belajar pada pagi hari kaetika mereka ingin bersungguh-sungguh dalam belajar.
Suasana di pagi hari, terutama diantara jam 4 hingga 5 pagi adalah hening nan sunyi. Inilah mengapa belajar di jam tersbeut akan maksimal. Tidak ada suara bising, tidak ada ‘gangguan’ dari saudara yang masih kecil, dalam waktu yang singkat kamu bisa menyerap banyak ilmu sekaligus.
4.       Jauhkan hp
Hp atau handphone adalah godaan terbesar semasa belajar. Baru membua buku sudah mengecek hp, apakah ada chat atau notif yang masuk, apakah kamu salah satunya? Mulai sekarang, simpanlah hp ketika belajar.
Selain menyimpan, kamu bisa mematikannya saja atau mengubahnya ke mode hening. Dengan demikian, apabila ada chat yang masuk konsentrasimu tidak buyar untuk segera membuka hp. Cukup efektif bukan?
5.       Membuat rangkuman
Membaca saja rasanya kurang cukup untuk memasukkan ilmu ke dalam otak. Untuk mempertajam dan mengetesnya, kamu perlu mencatat kembali apa yang telah kamu pelajari. Dengan demikian, ilmu tersebut bisa benar-benar ‘terpasang’ dalam otak dan dijamin kamu tidak akan cepat lupa.

hosting murah meriah 2019 iwanrj.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.