Cara Menghapus Bar Pencarian Google di Android - Iwan RJ Official

Cara Menghapus Bar Pencarian Google di Android

iwanrj.com – Berikut ini adalah tutorial tentang cara menghapus bar pencarian google di android yang selama ini mungkin cukup risih bagi beberapa pengguna android. Disamping merasa risih, bar google ini juga sulit untuk disembunyikan bahkan tidak dapat dihapus dari ponsel. Namun, dengan cara ini, anda bisa menghapusnya dari permukaan ponsel anda.

1. Menonaktifkan GOOOGLE NOW

Jika Anda menggunakan Peluncur Pengalaman Google (GEL), Anda dapat menonaktifkan Google Now dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini. Namun sebelumnya, dianjurkan bagi pengguna Android stok (seperti perangkat Nexus apa pun) untuk tidak menggunakan metode ini karena akan berdampak soft-bricks pada perangkat anda.

[Soft-brick adalah keadaan perangkat di mana ponsel macet dengan loop boot atau membeku di beberapa titik proses booting. Jadi proses ini sama halnya dengan lemot total. ]

Untuk menonaktifkannya, silahkan buka:
Pengaturan> Aplikasi> Semua aplikasi> Pencarian Google / Google / Aplikasi Google> Nonaktifkan.

Setelah itu, restart ulang perangkat Anda. Setelah ponsel direstart maka pencarian google dilayar utama hilang.

Catatan: Menonaktifkan Google App akan memengaruhi fitur Google lainnya seperti Google Chrome, Google Assistant, dan lainnya.

2 Mengubah Metode Peluncur: (Diperlukan root)

Jika Anda ingin menghapus pencarian, opsi ini adalah pilihan yang tepat. Pastikan saja perangkat Android Anda sudah di-root. Dengan menggunakan ROM Kustom, Anda tidak hanya dapat menghapus Bilah Pencarian Google, tetapi juga memiliki kontrol pada setiap bagian dari perangkat Anda. Sebenarnya lebih diharuskan root perangkat untuk menghapus beberapa hal yang tidak disukai pada bawaan ponsel seperti bar pencarian google namun sayang sekali karena ini hanya bisa digunakan secara sempurna apabila ponsel anda sudah diroot.

3. Menggunakan Xposed Framework: (Diperlukan root)

Metode ini dapat digunakan untuk memanfaatkan fitur-fitur ROM Kustom tertentu tanpa mesti menginstalnya. ROM khusus sebenarnya dapat bermasalah atau bisa saja kelebihan beban. Terkadang Anda tidak dapat menemukan yang cocok untuk perangkat Anda termasuk admin juga. hehehee. Aplikasi Xposed ini dapat menangani itu dimana Anda dapat membuat perubahan yang Anda inginkan dengan menggunakan Xposed.

Perhatikan bahwa metode ini tidak dapat digunakan untuk Android 5.0 Lollipop apabila anda ingin menginstal Xposed. Disarankan agar perangkat Anda harus menjalankan Android 4.0.3 atau lebih baru lagi.

Langkah-langkah untuk menginstal Xposed:

  • Instal aplikasi kerangka Xposed dan buka.
  • Arahkan ke Framework
  • Klik Instal / Perbarui dan berikan akses root pada Xposed.
  • Setelah selesai, restart perangkat Anda.
    Jika Anda sudah memiliki Xposed Framework, berikutnya, silahkan untuk megunduh aplikasi pengaturan Xposed GEL dari Play Store dan disana terdapat opsi untuk menonaktifkan pencarian ini.

Jadi sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang bilah Pencarian Google yang sedikit risih atau terasa menghalangi aktivitas Anda saat menggunakan ponsel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya