https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Ditemukan Es Vulkanik Pada Asteroid Ceres

iwanrj.com – Berikut adalah adanya ditemukan es vulkanik pada asteroid ceres oleh NASA beberapa waktu lalu. Meskipun cryovolcano ini sudah tidak aktif lagi sekarang, ada bukti aktivitas geologi yang cukup baru dimana lerengnya dihiasi bukan dengan kawah tua tetapi garis-garis vertikal muda.

Gambar: Hasil pemotretan Es Vulkanik oleh NASA pada Permukaan Asteroid Ceres
Gambar: Hasil pemotretan Es Vulkanik oleh NASA pada Permukaan Asteroid Ceres

Sebuah gunung berapi muda di Ceres mengejutkan karena Ceres adalah disebut juga sebagai dunia kecil yakni memiliki diameter hanya sekitar lebar Texas dan membentuk aktivitas vulkanik.

Namun, Ahuna Mons membuktikan bahwa Ceres masih memiliki suhu yang cukup panas untuk menghasilkan cryovolcano yang relatif baru. Gunung berapi es ini ditemukan di tempat lain di tata surya kita, seperti halnya pada satelit di Planet Saturnus Enceladus yang memiliki air mancur partikel es air yang mengalir dari retakan di kerak es kutub selatannya.

Gambar: Permukaan Asteroid Ceres yang dipotret NASA menggunakan robot Dawn
Gambar: Permukaan Ceres yang dipotret NASA menggunakan robot Dawn

Asteroid Ceres adalah termasuk Asteroid yang terisolasi karena dianggap bagaikan seseorang tanpa tetangga di dekatnya yang memberikan tarikan gravitasi yang signifikan. hehehe

Lucy McFadden dari Goddard Space Flight Center NASA mengatakan “Tidak ada yang seperti Ahuna Mons di tata surya. Ini adalah cryovolcano pertama yang kita lihat dimana prosesnya terjadi dengan campuran air garam dan tanah liat.” ungkapnya.

Gambar ini dipilih sebagai Astronomi Picture of the Day NASA, yang diambil dari Ceres pada tahun 2016 oleh misi Dawn robot.
Dawn robot Berhasil menyelesaikan misinya pada tahun 2018, Dawn terus mengorbit Ceres meskipun telah kehabisan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjaga antenanya mengarah ke Bumi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.