https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Inilah Alasan Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Mengapa bulan purnama tampak jauh lebih besar di langit saat terbit?

Bulan purnama malam bulan Agustus lalu bukan termasuk Supermoon. Bulan tidak terlalu dekat dengan Bumi pada orbitnya yang berbentuk bulat panjang di sekitar planet kita, jadi itu tidak akan tampak lebih besar atau lebih terang di langit pada malam hari.

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Sebenarnya bulan tidak berubah ukuran sama sekali dan itu semua disebabkan oleh fenomena optik yang disebut Ebbinghaus Illusion.

Ilusi ini tidak hanya berlaku untuk bulan purnama akan tetapi setiap kali Anda melihat bulan terbit di malam hari Anda mungkin tertipu dengan beranggapan bahwa bulan purnama lebih besar dari biasanya.

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Ebbinghaus Illusion memengaruhi cara otak kita memandang benda-benda dengan ukuran yang sama lalu menjadikannya tampak lebih besar atau lebih kecil bergantung pada apa yang ada disekitarnya.

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar
Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Ketika bulan rendah di cakrawala atau bisa dikatakan berada separuh dibalik bangunan, merapat dengan pegunungan atau berada dibalik bangunan tinggi, kita akan tertipu bahwa bulan akan semakin besar ukurannya.

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Tetapi begitu bulan lebih tinggi di langit dan terlihat terbuka, bulan itu tidak tampak begitu besar.

Bulan Purnama Tampak Lebih Besar

Untuk menguji ilusi, bungkukkan badan saat melihat ke seluruh kaki Anda saat bulan rendah di cakrawala.

Otak kita juga dirancang untuk melihat benda yang bergerak menuju langit dengan ukuran semakin jauh serta semakin kicil mengakibatkan benda yang kita lihat itu akan tampak lebih besar.

Kita memberi kompensasi berlebihan dengan secara tidak sadar mengatakan pada diri kita sendiri bahwa bulan sebenarnya bertambah besar.

hosting murah meriah 2019 iwanrj.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.