https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Pengaruh Penipisan Ozon Bagi Kesehatan

Penipisan Ozon Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Pengaruh Penipisan Ozon

iwanrj.com – ozon atau  (O3) Merupakan Lapisan atmosfer yang letaknya antara 15 dan 30 km di atas permukaan bumi yang dikenal sebagai ‘lapisan ozon‘.

Pengaruh Penipisan Ozon

Ozon terbentuk dengan berbagai percampuran kimiawi tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Pengaruh Penipisan Ozon

Apakah ada Dampak Berbahaya Bagi Manusia Dan Bumi?

Resiko kesehatan berhubungan dengan penipisan ozon terutama yang dalam kaitannya dengan radiasi UV- B di lingkungan, yaitu, peningkatan kerusakan pada mata, sistem kekebalan dan kulit. Kerusakan berkenaan dengan penglihatan dari paparan UV yang meliputi efek pada kornea mata, lensa, selaput pelangi dan berhubungan dengan epithelial dan jaringan penghubung. Efek akut berkenaan dengan penglihatan yang umum dari radiasi UV lingkungan adalah photokeratitis. Perkiraan efek penipisan ozon pada katarak telah dibuat, tetapi masih kurang ketidakpastiannya. Seperti dinyatakan pada tahun 1989 [ d van Leun, et al., l989] memperkirakan sekitar kira-kira 0.5% peningkatan katarak untuk 1% yang didukung dengan penurunan ozon.

Di hal yang sama juga, penipisan ozon dan lubang ozon telah memunculkan keprihatinan di seluruh dunia akibat meningkatnya resiko kanker serta efek negatif lainnya. Lapisan ozon mencegah sinar ultraviolet (sinar UV) pada panjang gelombang UVB yang sangat berbahaya untuk dapat masuk ke dalam atmosfer Bumi. Jika dijelaskan lebih rinci sebenarnya Sinar UV pada panjang gelombang ini dapat menimbulkan penyakit kanker kulit, terbakarnya kulit serta katarak, yang diproyeksikan meningkat secara drastis sebagai hasil dari penipisan ozon, serta mampu menimbulkan kerusakan tumbuhan dan berkurangnya populasi hewan.

Baca Juga:
1 of 5

Pengaruh Penipisan Ozon

Apakah Ada Cara Untuk Menanggulangi Penipisan Lapisan Ozon?

menurut situs blueair[dot]com, Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi atau menghilangkan risiko akibat ozon.

  • Pilih Pembersih udara HEPA (High Efficiency Particulate Air/Udara Partikulat Efisiensi Tinggi) pembersih udara dan penyedot yang bersertifikat CARB agar tidak menghasilkan ozon.
  • Meningkatkan ventilasi dengan membuka jendela (kecuali tingkat ozon di luar ruangan tinggi)
  • Memasang kipas hisap untuk peralatan (mesin fotokopi, dll.) yang dapat menghasilkan ozon, jangan meletakkan peralatan penghasil ozon dalam ruang yang kecil dan tertutup
  • Selalu merawat peralatan kantor dan industri serta sistem penanganan udara dengan baik
  • Menggunakan produk pembersih dan bahan bangunan yang tidak mengandung VOC dalam jumlah tinggi

Pengaruh Penipisan Ozon

Dikutip dari Situs ilmugeografi[dot]com , 6 Cara Penanggulangan Penipisan Lapisan Ozon Sebagai Berikut:

  • Penghapusan penggunaan BPO (Bahan Perusak Lapisan Ozon)
    Indonesia telah menyepakati untuk menghapus penggunaan gas freon yang terdapat pada mesin pendingin pada tahun 2007. Penghapusan CFC yang terjadi di Indonesia telah terlaksana di dua projek yaitu sektor pendingin dan sektor busa, efeknya Indonesia telah berhasil mengurangi produksi CFC sebanyak 615 ton dari total kedua sektor tersebut. Dan projek tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini.
  • Kurangi penggunaan kendaraan pribadi
    Salah satu penyebab dari menipisnya lapisan ozon di atmosfer yaitu berasal dari sisa pembakaran emisi kendaraan. Jika setiap harinya kita menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi, padahal sekarang ini setiap rumah tidak hanya memiliki satu kendaraan saja. Dan itu tidak hanya terjadi dalam satu rumah saja, sedangkan setiap harinya ada banyak rumah tangga yang juga melakukan kegiatan serupa dengan menggunakan kendaraan. Bisa bayangkan berapa banyak gas emisi yang dapat merusak lapisan ozon. Ada baiknya gunakan moda transportasi umum, pergi bersama dalam satu kendaraan atau berjalan kaki sebagai alternatif berkendara.
  • Di bidang pertanian, hindari penggunaan pestisida
    Diketahui jika kandungan yang terdapat di dalam pestisida terdapat zat methyl bromida yang juga berperan dalam penipisan ozon. Meskipun pestisida sangat berguna untuk menghilangkan dan membunuh hama perusak tanaman, akan tetapi pestisida juga dapat merusak lingkungan di sekitar. Ada baiknya para petani menggunakan pestisida alami yang aman dan tidak merusak lingkungan untuk membasmi hama yang mengganggu tanaman.
  • Gunakan pendingin ruangan atau AC sesuai dengan kebutuhan
    Kita pasti sadar bahwa bumi semakin panas setiap harinya meskipun malam hari. Beberapa dari kita akan menyalakan pendingin ruangan selama berjam – jam bahkan 24 jam untuk terus mendinginkan ruangan. Tindakan tersebut sangat tidak dibenarkan. Penggunaan pendingin ruangan setidaknya selama satu jam setiap harinya selama satu tahun, setidaknya akan menghasilkan emisi sebesar 160 kg karbondioksia. Sebaiknya atur menu timer yang terdapat di remot atau jika ruangan tidak digunakan sebaiknya matikan pendingin ruangan.
  • Jangan biarkan lampu atau peralatan listrik dalam keadaan menyala atau standby
    Penggunaan barang yang memerlukan listrik ternyata juga ikut mempengaruhi kondisi lapisan ozon. Banyak orang yang mungkin tidak menyadari hal tersebut. Apakah kalian tahu dari masa listrik berasal? PLN atau Perusahaan Listrik Negara menghasilkan listrik dengan bahan bakar batu bara. Sisa pembakaran batu bara sendiri dapat menghasilkan karbonmonoksida yang juga berperan dalam penipisan ozon. Nah, ada baiknya matikan lampu pada siang hari atau jika ruangan tidak digunakan dan pastikan untuk selalu mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik sebagai sumber dayanya setelah digunakan atau jika ingin meninggalkan rumah, seperti tidak membiarkan pengisi daya telpon semalaman dan mencabut semua kabel penghubung listrik dari stop kontak.
  • Menanam tanaman peneduh sebagai pendingin alami
    Saat ini sudah banyak gedung – gedung bertingkat di beberapa negara maju yang menanam beberapa tanaman di sekitar gedung. Hal ini bertujuan agar gedung tersebut selalu tetap sejuk pada siang hari meskipun tanpa adanya pendingin ruangan. Selain itu, tanaman yang berfotosintesis juga ikut berperan dalam menghasilkan udara bersih dan oksigen yang sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernafas

Pengaruh Penipisan Ozon

Berdasarkan Wikipedia: Pada tahun 1994, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memilih untuk menunjuk 16 September sebagai “Hari Ozon Sedunia”, untuk memperingati penandatanganan Protokol Montreal pada tanggal tersebut pada tahun 1987.

Leave A Reply

Your email address will not be published.