https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

76% Pengguna Aplikasi Ponsel Memiliki Saluran Masuk Hacker

Aplikasi Ponsel Memiliki Saluran Masuk Hacker

Kerentanan berisiko tinggi secara umum ada  dikedua aplikasi seluler Android dan iOS dimana dengan perangkat Android sedikit lebih berisiko daripada iOS yakni perbandingan antara (43% vs 38%), menurut Positive Technologies ‘Vulnerability dan ancaman dalam laporan aplikasi seluler, dirilis Rabu awal bulan 2019 lalu.

Penyimpanan data yang tidak aman adalah kerentanan paling umum yang ditemukan di aplikasi seluler di kedua platform tersebut. Hasil laporan menemukan bahwa 76% dari semua aplikasi mengandung kecacatan.

Aplikasi Ponsel Memiliki Saluran Masuk Hacker

Dalam beberapa kasus,

penyimpanan data yang tidak aman dapat memungkinkan peretas untuk mencuri kata sandi, informasi keuangan, data pribadi dan korespondensi menurut laporan tersebut.

Sekitar 89% dari kerentanan yang ditemukan tersebut dapat dieksploitasi oleh malware. Sementara risiko infeksi menjadi cepat meningkat pada perangkat yang dibajak dan dibatasi oleh malware. Akibatnya jika malware dapat meminta izin untuk mengakses data pengguna, dan jika izin itu diberikan, malware dapat mengirim data langsung ke penyerang.

Aplikasi Ponsel Memiliki Saluran Masuk Hacker

“Pada tahun 2018, aplikasi seluler diunduh ke perangkat pengguna lebih dari 205 miliar kali. Pengembang memperhatikan dengan cermat desain perangkat lunak untuk memberi kami pengalaman yang lancar dan nyaman dan orang menyukai untuk memasang aplikasi seluler dan memberikan informasi pribadi,” kata Leigh-Anne Galloway yang berkerja di Ketahanan keamanan cyber memimpin di Positive Technologies. Ia mengatakan dalam siaran pers. “Sejumlah aplikasi sangat mengkhawatirkan dan sangat tidak aman serta jauh lebih sedikit perhatian dari pengembang. Mencuri data dari smartphone biasanya tidak memerlukan akses fisik ke perangkat.” ungkapnya.

Aplikasi Ponsel Memiliki Saluran Masuk Hacker

Untuk melindungi perangkat dan data, pengguna harus memeriksa dengan cermat kapan aplikasi meminta akses izin ke fungsi atau data ponsel dan pengguna dihimbau untuk menolak permintaan apa pun untuk mengakses data yang tidak perlu” kata Galloway. Pengguna juga tidak boleh membuka tautan tidak dikenal yang dikirim dalam teks atau melalui aplikasi obrolan, dan tidak mengunduh aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga, tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.