https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Tak bisa Langsung Kuliah Setelah Lulus? Apa yang Harus Dilakukan?

Tidak jarang ada siswa yang tidak bisa langsung kuliah setelah lulus SMA maupun SMK. Sebabnya pun berbeda-beda, ada yang dikarenakan keterbatasan biaya, belum lulus ujian penerimaan, atau belum mempunyai niat untuk kuliah.
Bagi kamu yang kurang beruntung, belum bisa langsung kuliah setelah lulus, mulailah bangkit! Daripada harus terpuruk berhari-hari dan membuat depresi, kamu tetap bisa melakukan hal-hal positif yang tetunya akan menguntungkan dirimu sendiri di masa depan.
1.       Bekerja
Daripada menghabiskan waktu dirumah dan tak tahu harus melakukan apa, mendingan mulai cari lowongan pekerjaan. Ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang hanya membutuhkan ijasah SMA.
Kamu bisa menjadi seorang penulis konten, kasir, waitress, bartender, dan pekerjaan halal lainnya. Selain mendapat pengalaman, uang jajanmu pun juga akan bertambah.
Tips ini juga cocok bagi kamu yang tidak bisa langsung kuliah karena keterbatasan biaya. Dengan bekerja, kamu bisa menyisihkan gajimu untuk kuliah nanti.
Baca Juga:
1 daripada 39
2.       Belajar
Tidak ada yang salah dengan mencuri start pada hal-hal yang positif. Daripada hanya dirumah, main hp, dan tiduran, lebih baik mulai pelajari dasar-dasar materi kuliahmu nanti.
Tentukan jurusan apa yang akan kamu ambil saat kuliah nanti, kemudian carilah ebook di internet secara gratis untuk dibaca-baca. Lalu bagaimana kalau endingnya bukan jurusan tersebut yang dipilih? Tak ada yang sia-sia, artinya kau telah menambah ilmu dalam otakmu yang mungkin saja akan berguna di lain waktu.
3.       Mempersiapkan tes masuk kuliah
Untuk kamu yang belum kuliah karena tidak lolos pada penerimaan perguruan tinggi, sekaranglah waktunya untuk mempersiapkan itu semua. Ada banyak sekali contoh soal penerimaan perguruan tinggi yang bisa kamu download di internet.
Selain itu, kamu juga bisa membeli buku-buku latihan penerimaan perguruan tinggi yang tersebar di pasaran. Jika ingin lebih hemat lagi, pinjamlah buku latihan soal penerimaan kuliah milik temanmu yang sudah berkuliah. Malahan terkadang mereka dengan senang hati akan mengajarkanmu bagian-bagian yang terasa sulit bagimu.
Mudah dan berdampak positif bukan? Daripada nganggur, yuk mulai lakukan tiga hal diatas.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.