https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Tanda-Tanda Awal Penyakit Ginjal

Setelah sebelumnya kami bahas cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, kali ini kami akan membahas beberapa tanda awal yang mungkin kamu alami ketika terkena penyakit ginjal.
Sebenarnya ada banyak penyakit ginjal yang mungkin terjadi pada manusia, namun kali ini kami akan membahas permaslahan ginjal pada umumnya saja.
Ginjal yang setiap harinya menyaring darah sebanyak 200 liter tentunya perlu kita perhatikan secara lebih. Dari kegiatan sehari-harinya tersebut, ginjal tak sekalipun meras alelah dan berhenti. Namun apabila kamu mengkonsumsi kafein dan makanan berprotein tinggi, ginjal akan merasa ‘lelah’ dan wajar saja ginjal menjadi aus dan datang berbagai penyakit padanya.
Tanda awal pertama yang bisa diindikasikan sebagai penyakit ginjal adalah adanya tekanan darah yang sangta tinggi. Jika kamu sebeumnya memang memiliki tekanan darah yang tinggi, maka tekanan darah kali ini lebih tinggi dari biasanya.
Ginjal yang berfungsi untuk menyaring racun untuk dikeluarkan melalui urin, akan snagat terhubung erat dengan pembuluh darah. Jika terjadi masalah dalm ginjal, maka masalah tersebut bisa meluber ke sistem peredaran darah dan akan memberitahumu dengan cara memberikan tekanan darah yang sangat tinggi.
Bahkan American Heart Association mengungkapkan bahwa tekanan darah yang tinggi adalah tanda utama kedua dari adanya gagal ginjal.
Buang air kecil yang lebih banyak dari biasanya juga bisa dikatakan sebagai tanda awal masalah ginjal. Tentu aktivitas buang air kecil sangat erat kaitannya dengan sistem ekskresi yang mencakup organ-organ seperti ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Sehingga ada kemungkinan jika buan air kecil lebih banyak dari biasnaya dapat diindikasikan sebagai masalah ginjal.
Anemia, pusing, cepat lelah, juga termasuk dalam jajaran tanda awal masalah ginjal. Ginjal menghasilkan suatu hormon yang disebut sebagai epoetin atau EPO. Epoetin berfungsi untuk mengingatkan usmsum tulang belakang untuk terus memproduksi sel darah merah.
Ginjal yang bermasalah tidak memproduksi EPO, sehingga sel darah merah juga tidak diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Dengan demikian kandungan sel darah merah dalam tubuh berkurang dan menyebabkan penderitanya anemia. Dari anemia iniorang akan merasa pusing dan cepat lelah.

hosting murah meriah 2019 iwanrj.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.