https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

Walaupun Racun, Ternyata Racun Ini Bisa Mengobati Kanker

Apa yang selama ini kita kenal tentang racun? Benda yang meracuni, memberikan efek negatif pada kesehatan, bahkan bisa memanggil kematian, itulah definisi kata ‘racun’ yang selama ini kita ketahui. Meskipun membahayakan nyawa, ternyata ada beberapa racun yang justru memberikan manfaat untuk kesehatan.
Sampai saat ini racun arsenik dikenal sebagai salah satu racun yang mematikan. Namun, kenyataan tak selamanya pahit. Apabila diracik dengan benar, arsenik ini justru dapat mengobati kanker. Tak hanya arsenik saja, rupanya masih ada beberapa racun lagi yang mampu mengobati kanker dan jantung. Berikut penjelasannya.
1.       Foxglove
Meskipun terdengar asing, namun foxglove adalah salah satu racun yang cukup merugikan apabila mengenai tubuh kita. Foxglove adalah sebuah bunga yang berbetuk tabung silinder dengan warna yang berbeda-beda, antara lain merah, putih, kuning, ungu, serta teksturnya yang berbintik-bintik.
Diketahui apabila orang memakan daun dan bunganya, maka orang tersebut akan mengalami halusinasi, depresi, muntah, diare, ruam, dan skait kepala. Namun demikian, rupanya foxglove ini adalah bahan utama dari pembuatan obat yang diberi nama digoxin.
Digoxin berfungsi untuk mengontrol detak jantung, memperkuat jantung lemah, dan meingkatkan sirkulasi darah. Fantastis bukan?
2.       Racun ular
Selama ini kita menilai bahwa bisa atau racun ular tentu bahaya bagi kita, bahkan ada beberapa ular yang bisanya mematikan. American Museum of Natural History telah menyatakan bahwa salah satu jenis ular justru mengeluarkan racun yang mampu mengencerkan darah.
Ular yang dimaksud adalah ular beludak. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa racun ular bisa diolah menjadi captopril yang mampu mengobati tekanan darah tinggi, serta penyakit ginjal.
3.       Arsenik
Arsenik adalah unsur yang ditemukan bebas di alam. Ditemukan juga pasa pestisida, bahan bangunan, serta beberapa bahan untuk proses industri yang sangat membahayakan nyawa. Namun itu semua apabila arsenik dalam dosis tinggi masuk dalam tubuh.
Arsenik dengan dosis rendah justru dinilai menguntungkan apabila diracik dengan benar. Arsenik berdosis rendah diketahui dapat menyembuhkan kanker leukimia akut. Penelitian lain juga mengungkap bahwa arsenik dosis rendah juga digunakan sebagai obat keoterapi berupa anthrasiklins.

Leave A Reply

Your email address will not be published.