Waspada Penipuan Di Universitas Hingga Organisasi - Iwan RJ Official

Waspada Penipuan Di Universitas Hingga Organisasi

Maraknya Penipuan Di Universitas Hingga Organisasi Lain, penipuan, email palsu, penipuan dengan email palsu, waspada penipuan diuniversitas, penipuan para pelaku email palsu

Akibat kemajuan teknologi saat ini, banyak aktivitas yang dilakukan melalui jaringan internet termasuk perusahaan maupun perorangan yang tidak terlepas sesuai dengan perkembangan zaman diera sekarang ini. Diantara pengguna internet saat ini, kita pernah atau bahkan sering menemukan pesan surel atau email yang berisi penipuan bahkan mereka tidak segan-segan untuk menerima beberapa bayaran kepada si penerima email tersebut.

Waspada Penipuan Di Universitas Hingga Organisasi
Ilustrasi

Kasus ini marak terjadi disalah satu negara Nigeria dimana para Pria banyak yang melakukan minggat dan meninggalkan isteri mereka dirumah karena tergoda dengan pesan email dari seseorang yang cukup menawan sehingga pria dari negara ini banyak yang menghabiskan uang mereka secara pribadi diluar akibat terpengaruh pesan email penipuan.

Pada spektrum yang sedikit aneh, penipuan lain yang semakin marak terjadi pada saat ini adalah berupa email palsu yang muncul dan berasal dari entitas terkenal seperti Amazon atau PayPal. Jebakan email palsu ini kebanyakan berasal dari alamat domain seperti Amaz0n dari PayPaI dan dengan menggunakan domain penipuan atau mirip seperti amazon dan paypal. Namun dibalik kasus penipuan ini, sebenarnya scammers bekerja dengan harapan bahwa korban mereka tidak akan  terlalu serius menanganinya karena kebanyakan para korban adalah awam akan pesan palsu ini.

Waspada Penipuan Di Universitas Hingga Organisasi 1
Pesan Peringatan dari Universitas Newcastle kepada Mahasiswanya

Universitas Newcastle telah mengeluarkan peringatan mengerikan tentang “Newcastle International University,” yang memiliki keseluruhan situs web (yang bahkan mencakup subpos dan halaman). Pada peringatan itu tertera juga beberapa situs palsu berisi formulir web agar pengguna dapat mengirimkan informasi pribadi mereka, serta pembayaran untuk konon membayar administrasi dikelas mereka yang diarahkan pada website universitas tersebut.

Universitas tersebut men-tweet peringatan resminya kepada siswa  dengan isi pesan : “Kami telah mengetahui adanya situs tidak resmi yang secara curang menggunakan merek Universitas Newcastle dan menerima pembayaran kartu kredit untuk mengikuti kursus. Situs web ‘universitas internasional newcastle’ sama sekali tidak berafiliasi dengan Universitas dan kami menyarankan siapa saja yang menemukan situs web tersebut tidak boleh mengirimkan informasi pribadi apapun. “

Untuk anda yang bekerja diperusahaan, kenali dahulu atau tanyakan dahulu apakah benar informasinya lewat perusahaan atau organisasi yang anda ikuti atau tidak dan jangan sampai anda tertipu. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya