Waspada! Trojan Faketoken.q Android Sekarang Mencuri Detail Banking Dari Uber - Iwan RJ Official

Waspada! Trojan Faketoken.q Android Sekarang Mencuri Detail Banking Dari Uber

Waspada! Trojan Faketoken.q Android Sekarang Mencuri Detail Banking Dari Uber, Trojan pencuri data banking, waspada virus pencuri data bangking, data banking, virus uber, trojan uber berbahaya, virus sms, virus uber android

Waspada! Trojan Faketoken.q Android Sekarang Mencuri Detail Banking Dari Uber, Trojan pencuri data banking, waspada virus pencuri data bangking, data banking, virus uber, trojan uber berbahaya, virus sms, virus uber android
Gambar: Ilustrasi alat transaksi online

Serangan Lewat SMS
Virus Faketoken.q sedang disebarkan oleh penciptanya dengan menggunakan pesan SMS dan tersebar secara massal, pesan ini mendorong korbannya untuk mendownload file gambar sekaligus menyisipkan virus trojan akan menyisip kedalam android korban lalu kemudian menginstal Faketoken.q oleh backdoor. Hebatnya lagi, Malware yang terinstall kemudian menyembunyikan ikon pintasannya sehingga tidak dapat dilihat oleh pengguna android dilayar seluler dan diam-diam memonitor semua kegiatan anda di perangkat Android yang terinfeksi yakni dari halaman web yang dikunjungi hingga panggilan yang dibuat ke aplikasi apa yang digunakan.

Perlu anda ketahui bahwa Trojan bisa berhasil lolos dengan banyak hal dengan hanya menggunakan fitur Android standar yang sama halnya seperti applikasi lain yang secara sah digunakan oleh aplikasi ‘nyata’ resmi seperti Uber, Facebook, dan ratusan aplikasi Android penting lainnya untuk menampilkan lapisan layar di atas semua aplikasi lainnya.

Sebelum melakukan pembayaran di perangkat Android Anda, misalnya membayar untuk Uber, bank memerlukan kode SMS untuk dikirim untuk memberi otorisasi transaksi. Tapi Faketoken.q ‘mencuri’ pesan masuk dan meneruskannya langsung ke server komputer pencipta trojan ini, memberi mereka kemampuan untuk memeras rekening korbannya dan mencuri uang mereka.
 

Sejauh ini, banyak kasus kriminal online yang kita temui namun yang satu ini cukup kelihatan pintar untuk tidak mudah diketahui pengguna android terutama karena memanfaatkan bagian applikasi yang sah dari sistem operasi Android untuk mengaktifkan dan menyembunyikan aktivitas mereka.

Sementara serangan dari trojan ini belum terdengar kabar akan terkena dampak namun hal itu menimbulkan risiko signifikan bagi jutaan pengguna Android apalagi saat ini Instalasi aplikasi Uber dari Google Play sendiri sudah mencapai antara 100 dan 500 juta unduhan.

Anda diharapkan hati-hati untuk melakukan transaksi banking lewat android. Jangan sampai anda yang menjadi korban.


Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya