https://www.iwanrj.com
Iwan RJ Official

WHO Melaporkan Adanya Mikroplastik Pada Air Minum

Pada 2015, manusia memproduksi sekitar 407 juta ton plastik. Namun, plastik tidak terurai dan justru berubah potongan-potongan plastik kecil yang sulit terurai. Ini berarti bahwa di lingkungan kita, ada potongan plastik yang dapat diukur dalam meter dan nanometer.

Mikroplastik Pada Air Minum

Potongan-potongan kecil plastik atau disebut dengan “plastik mikro”, ada dimana – mana termasuk pada tempat sumber air.

Sebuah ulasan baru-baru ini mengumpulkan 50 studi di mana para ilmuwan menemukan mikroplastik yang berasal dari dalam air tawar, air minum, atau air limbah. Beberapa penelitian ini menghitung bahwa ada ribuan partikel mikroplastik dalam setiap liter air minum.

Secara teoritis, jika seseorang mengkonsumsinya, beberapa mikroplastik cukup kecil untuk melewati dinding usus dan memasuki sistem peredaran darah. Apakah itu berdampak pada kesehatan manusia atau tidak, masih belum diketahui.

Mikroplastik Pada Air Minum

Karena plastik ada di mana-mana di lingkungan dan tidak akan hilang maka sangat penting bagi kita untuk memahami efeknya, jika ada. Laporan WHO baru-baru ini disusun untuk mengembangkan gambaran yang lebih jelas.

Mikroplastik Pada Air Minum

Bahaya potensial
Laporan WHO menguraikan tiga jalur yang memungkinkan mikroplastik dapat berdampak pada kesehatan manusia diantaranya:

Mikroplastik Pada Air Minum

Fisik: Mikroplastik dapat memasuki tubuh dan merusak struktur internal.
Kimia: Misalnya, aditif plastik seperti plasticizer dapat masuk ke air minum.
Biofilm: Mikroorganisme dapat menempel pada mikroplastik dan membentuk koloni, yang dapat menyebabkan kerusakan.

Mikroplastik Pada Air Minum

Menurut analisis para peneliti, mikroplastik yang lebih besar dari 150 mikrometer mungkin tidak masuk ke dalam tubuh manusia; Partikel yang lebih kecil dapat masuk.

Penelitian pada hewan telah menghasilkan bukti yang menunjukkan bahwa tubuh kita mungkin menyerap mikroplastik yang sangat kecil. Namun, laporan WHO menjelaskan bahwa studi ini menggunakan “paparan yang sangat tinggi yang tidak akan terjadi dalam air minum.”

hosting murah meriah 2019 iwanrj.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.